Lompat ke konten

Memulai Bisnis Catering Rantangan Harian

Kalau anda mempunyai hoby masak dan kemampuan masak yang lesat, usaha catering rantangan ini bisa dijadikan peluang usaha. Apalagi sekarang ini semakin banyaknya orang yang sibuk bekerja dan tidak sempat memasak,  membuat bisnis catering rantangan ini menjadikan sebagai bisnis yang menjanjikan . Bisnis catering rantangan ini dari tahun ke tahun selalu meningkat. Apalagi kalau kita bisa memberikan pelayanan yang baik. Apa saja yang perlu kita ketahui untuk memulai bisnis ini.

Pemilihan Bahan

Pemilihan bahan seperti sayur, daging, ikan sangat penting. Karena ini mempengaruhi rasa dari masakan anda. Pilihlah sayur-sayuran yang masih segar dan bila harus menyimpannya di kulkas simpan dengan diberi plastik atau koran agar tetap awet dan segar. Begitupula dengan pemilihan daging atau ikan. Bila ikan atau udang yang tidak segar maka rasa masakan akan berubah dan baunya terasa amis. Sangat baik bila anda bisa mendapatkan pemasok dari petani atau suplier sayur dan daging.

Proses Pemasakan

Dalam memproses masakan harus selalu memperhatikan mutu, rasa dan kesehatan. Ketika mencuci sayur usahakan selalu bersih dengan air mengalir. Jangan sampai ada sisa tanah yang tertinggal. Karena kalau tidak bersih maka ketika di tumis pasirnya akan tertinggal dan terlihat. Ini akan membuat pelanggan kecewa dan bisa sakit perut atau yang lainnya. Perhatikan juga cara memasak jangan sampai over cook atau terlalu matang atau sebaliknya tidak matang. Racik bumbu dengan tepat sehingga tidak terlalu manis atau asin. Usahakan ada standart rasa pada masakan, jangan hari ini rasanya enak besok hambar atau tidak ada rasa. Kalau perlu bumbu ditakar atau ditimbang sehingga rasa selalu stabil. Bila ada menu gorengan usahakan minyaknya tidak terlalu berlebih melekat pada makanan. Selain itu yang paling utama adalah menjaga kebersihan jangan sampai ada rambut, serangga, lalat, batu kecil yang ikut masuk dalam masakan kita. Masak sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak perlu disimpan atau dimasukan ke kulkas.

Pemilihan Menu

Sebelum memulai usaha catering rantangan, kumpulkan dulu semua daftar makanan yang anda kuasai. Anda bisa mencoba terlebih dahulu resep-resp baru sebelum digunakan. Buat daftar menu untuk empat bulan sehingga orang tidak merasa bosan dengan menu yang sama setiap hari. Dalam mengkombinasi makanan juga harus diperhatikan antara sayur dan lauk atau menu lainnya. Misalnya kita tidak mungkin memberi menu rawon dengan sayur asem. Anda juga bisa memberikan menu pilihan misalnya untuk gorengan, pelangan bisa memilih ikan goreng/ayam goreng/empal. Sehingga orang yang tidak suak ikan bisa memilih ayam begitupula sebaliknya. Variasi menu ini sangat penting karena biasanya pelanggan catering sering merasa bosan dan berhenti berlanggannan karena menunya yang hampir sama setiap hari. Buat daftar menu yang berbeda minimal 2 bulan sekali.

Peralatan

Pemilihan rantang juga harus diperhatikan. Pilih rantang steinless steal untuk pelanggan yang hanya memilih lauk saja. Sebaiknya tidak menggunakan rantang enamel karena rantang enamel sering berkarat atau mengelupas catnya bila jatuh dan jadi berkarat. Untuk pelanggan yang memilih dengan nasi bisa menggunakan tempat bulat/kotak plastik yang sudah ada sekatnya. Bila menu ada yang berkuah usahakan dibungkus dengan plastik sehingga kuahnya tidak keluar dari rantang atau tercampur dengan makanan yang lain. Cuci dengan bersih peralatan dapur dan juga rantang setelah digunakan karena akan mempengaruhi kualitas makanan. Peralatan yang kotor akan menyebabkan makanan lebih cepat rusak atau busuk. Perhatikan juga ketika memasukan makanan dalam rantang jangan sampai tumpah diluar rantang dan kelihatan kotor atau jorok. Usahakan selalu bersih penampakan rantang ketika sampai ke pelanggan. Anggarkan dana untuk secara regular mengganti rantang yang telah kusam atau rusak.

Delivery

Kita harus memperhitungkan waktu pelanggan menerima makanan kita. Jangan sampai sudah waktunya makan siang tetapi makanan kita belum sampai. Armada yang mengantar makanan juga harus diperhatikan, mereka harus berpenampilan bersih dan tidak bau, kalau perlu dibuatkan seragam. Tempat menaruh rantang ketika dikirim pelanggan bila menggunakan motor, harus tertutup dan bersih sehingga orang yang melihat merasa terjaga kebersihan makanannya. Bisa menggunakan box container plastik yang menaruh beberapa rantang atau membuat khusus. Ingat untuk diberi stiker nama usaha, nomer telpon, atau website/blog anda pada container box sehingga bisa jadi iklan berjalan sambil mengantar rantang ke pelanggan.

Berkah Catering
Catering Pernikahan & Nasi Kotak Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *